Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template
Diberdayakan oleh Blogger.

Anak Kecil Dilarang Duduk di Depan, Ini Alasannya

Jakarta, KompasOtomotif – Biasanya di bagian tudung sinar matahari (sun visor) penumpang depan pada mobil dengan kantong udara (airbag), sudah tertera gambar dan penjelasan larangan seseorang dengan tubuh mungil atau anak kecil duduk di jok depan. Bila dicermati sudah jelas mengapa hal itu tidak boleh dilakukan.
Febri ArdaniPeringatan larangan anak kecil dilarang duduk di jok depan.
Penting untuk diketahui, apalagi menjelang perjalanan mudik bersama keluarga, kebanyakan sabuk pengaman mobil di bagian depan tidak didesain untuk anak kecil. Ada beberapa syarat penggunaan sabuk tiga titik yang aman, yaitu sabuk bahu harus melintang melewati bahu tapi jangan mengenai leher, sabuk pangkuan harus serendah mungkin di atas pinggul, dan angkur sabuk tidak boleh lebih rendah dari level bahu.

Petunjuk keselamatan yang biasanya tertulis di buku manual itu belum bisa diterapkan dengan sempurna pada anak kecil. Sabuk pengaman tiga titik punya fitur retraktor pengunci darurat (Emergency Locking Retractor/ELR) untuk menghentikan sabuk yang mengendur tiba-tiba dan pretensioner yang berfungsi mengeratkan sabuk bila terjadi kecelakaan. Pada anak kecil terdapat risiko sabuk mencederai leher atau kepala bila kedua fitur itu bekerja.
Jangan dipangku

Sabuk pengaman dirancang hanya untuk satu orang, maka jangan pernah menempatkan anak kecil di pangkuan orang dewasa apalagi pada pengemudi. Bila sabuk melilit di leher atau bagian tubuh lain anak kecil dan tidak bisa dilepas solusi terbaik digunting.
Aieg.ComIlustrasi kantong udara mengembang.
Airbag
Airbag penumpang depan dapat mengembung dengan kekuatan yang sanggup menyebabkan kematian atau cedera serius. Jarak teraman menurut buku manual Toyota Fortuner 2014, posisi pengemudi lebih dari 250 mm dari airbag, jarak itu ditentukan dari pusat roda kemudi ke tulang rusuk. 

Maka dari itu sudah bisa dibayangkan risiko menempatkan anak kecil di depan pengemudi, hal yang sama juga berlaku untuk penumpang depan.
Rekomendasi lain berkendara aman
1.Posisi duduk pengemudi jangan terlalu dekat dengan kemudi. Jok boleh dimajukan tapi sandaran direbahkan.

2. Penumpang depan jangan duduk di ujung jok dan jangan menunduk.

3. Jangan meletakan benda apapun di depan penutup airbag, ada kemungkinan benda itu terlempar dan mencederai penumpang bilaairbag meletup.

4. Sesuai rekomendasi produsen mobil, anak kecil seharusnya duduk di belakang dan menggunakan sabuk pengaman.
5. Jok tambahan untuk bayi atau anak kecil harus diletakan di jok belakang.

Sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2015/06/19/124500715/Anak.Kecil.Dilarang.Duduk.di.Depan.Ini.Alasannya
Terima kasih telah membaca artikel tentang Anak Kecil Dilarang Duduk di Depan, Ini Alasannya di blog Nao Mode jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template